2020-02-05 17:24:00
2020-02-05 17:24:45

Tips Sukses Sidang Skripsi


Wajar apabila mahasiswa merasa khawatir menjelang sidang skripsi mereka. Pendidikan selama 4 tahun yang sudah ditempuh kini telah mencapai tahap akhir di mana mereka akan diuji dalam sidang skripsi.

Proses penyusunan skripsi memang menantang, namun ada tantangan lain yang akan dihadapi para mahasiswa pada saat sidang. Mahasiswa kerap merasa khawatir hingga gugup berlebihan, hingga mempengaruhi jalannya sidang skripsi.

Jika kamu merupakan salah satu mahasiswa yang sedang gugup menunggu sidang skripsi, jangan khawatir, ya! Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan persiapan menjelang sidang.


1. Pelajari dan Pahami Skripsimu

Sebaik apapun kemampuan presentasimu, semua akan sia-sia  apabila kamu tidak mengetahui dengan baik penelitian yang telah dibuat. Sebelum sidang, jangan sekadar menghafal, namun juga pastikan bahwa kamu memahami apa isi skripsimu. Mulai dari metode penelitian yang dipilih, hasil analisis, hingga kesimpulan yang bisa diambil.


2. Latihan Presentasi dan Manfaatkan Moment Pra-sidang 

Sebelum sidang, banyak kampus memberikan kesempatan melakukan pra-sidang. Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai simulasi sidang, di mana kamu akan presentasi dan diuji oleh dosen pembingbing skripsimu. Manfaatkan kesempatan emas ini untuk menyiapkan slide presentasi dengan baik dan mintalah masukan dari dosen pembimbing. Saat pra-sidang, kamu juga bisa menyimak dan mencatat pertanyaan yang diberikan sebagai gambaran saat sidang asli nanti.


3. Menonton Sidang Terbuka

Kamu yang ingin mendapatkan gambaran mengenai situasi sidang bisa coba menonton sidang terbuka di kampusmu. Sebelum sidang, biasanya mahasiswa akan diberikan pilihan untuk memilih jenis sidang yang diinginkan, yaitu sidang terbuka atau sidang tertutup. Sidang terbuka merupakan sidang di mana orang lain boleh masuk ke dalam ruangan dan menyaksikan jalannya sidang. Dengan menghadiri sidang terbuka, kamu jadi bisa menyimak jalannya sidang, mulai dari presentasi hingga proses tanya jawab.


4. Konsultasikan Pertanyaan Pada Dosen Pembimbing

Setiap dosen pembimbing skripsi hampir bisa dipastikan pernah juga menjadi dosen penguji sidang. Karena itu, tidak ada salahnya kamu bertanya seputar tips sukses sidang skripsi kepada dosen pembimbingmu. Pasti deh, dosenmu mau memberikan wejangan dan bahkan menenangkanmu agar tidak gugup.


5. Tidur Yang Cukup

Jangan sampai semua persiapan yang sudah dilakukan menjadi sia-sia karena kamu tidak fokus akibat kurang tidur. Belajar memang harus, tapi seimbangkan juga dengan tidur yang cukup sebelum hari besarmu tiba agar tubuh segar dan pikiran jernih. 


6. Gunakan Pakaian Rapi Sesuai Aturan

Selain fokus mempelajari isi skripsi, perhatikan juga penampilanmu saat sidang. Pakaian yang umumnya dikenakan saat sidang yaitu kemeja putih, jas/blazer, sepatu pantofel untuk laki-laki, sepatu heels hitam untuk wanita, serta dasi. Perhatikan kembali aturan berbusana di kampusmu dan persiapkan semuanya sebelum hari sidang.


7. Terima Setiap Masukan dan Hindari Argumen Tidak Masuk Akal

Banyak mahasiswa tidak menyadari bahwa dosen penguji tidak akan memaksamu untuk mengetahui semua hal. Sangat dimaklumkan apabila kamu tidak bisa menjawab atau tidak mengetahui beberapa hal yang ada di skripsimu. Ketika kamu tidak bisa menjawab, berikan pernyataan yang jujur bahwa kamu tidak tahu. Apabila kamu tidak yakin dengan jawabanmu, sampaikan bahwa kamu tidak tahu, kemudian diikuti dengan pendapat dan analisamu sendiri. Hindari menjawab pertanyaan dengan pernyataan tidak masuk akal hanya karena kamu tidak mau mengakui bahwa kamu tidak tahu. Percaya deh, dosen penguji pasti maklum dan justru menghargai setiap pendapat dan kejujuran mahasiswanya, dibandingkan jika mahasiswa malah bersikeras mendebat dengan jawaban yang salah.


8. Simak dan Catat Setiap Masukan yang diberikan

Setelah sidang, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk merevisi skripsinya sebelum dikumpul dalam bentuk hardcover. Hal-hal yang perlu direvisi ini diberikan oleh dosen penguji saat sidang. Karena itu, pastikan kamu menyimak dengan baik dan memahami setiap masukan dan poin revisi yang diberikan. Berikan pertanyaan jika kamu masih merasa kurang jelas. Hal ini bisa membuka kesempatan diskusi agar kamu bisa memahami dengan lebih baik.


9. Optimis dan Percaya Diri

Hal terakhir yang perlu kamu tanamkan di dalam dirimu yaitu optimis dan percaya diri. Setelah skripsi dikumpul, tidak ada hal yang bisa kamu lakukan selain mempersiapkan diri dengan baik. Berhenti merasa khawatir, dan siapkan diri sebaik mungkin untuk sidang yang akan kamu hadapi di depan mata. Jangan lupa juga untuk memanjakan dirimu sejenak agar tidak stres dan bisa merasa lebih rileks.


Source : www.glints.com

image widget


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog