2020-01-20 15:00:00
2020-01-24 14:23:54

Tips Membangun Karir Sejak Mahasiswa





Menjadi mahasiswa merupakan idaman semua orang. Karena mahasiswa adalah status potensial dalam mengembangkan karir dan masa depan. Waktu produktif saat kuliah adalah waktu yang sangat potensial  untuk mengasah kemampuan dan membangun karir sejak dini. Bagi mahasiswa yang kini sedang mencari passion yang cocok untuk usaha, informasi dibawah ini dapat menjadi pengetahuan dan pertimbangan dalam membangun karir sejak mahasiswa. Memang tidak mudah bisa sukses kuliah juga sukses dalam menjalankan karir.  Simak langkah berikut ini.

Informasi dan kiat dibawah ini dapat dijadikan pedoman dan inspirasi bagi mahasiswa yang ingin mencapai karir sejak masa kuliah. Aktifitas yang dapat menunjang karir adalah ukuran kualitas dan kuantitas eksistensi diri kita dalam organisasi kampus. Dan berikut ini kiat memulai langkah agar sukses meniti prestasi.

1. Mulai Karir dari Akademisi

Saat ini menjadi mahasiswa yang memiliki nilai bagus saat kuliah saja tidak menjamin seseorang menjadi sukses. Kesabaran mahasiswa untuk aktif dalam setiap ajang dan momen ilmiah yang justru mampu membuka akses memulai prestasi. Aktif dalam aktifitas penelitian dosen, keikutsertaan dalam ajang karya ilmiah mahasiswa dan program lainnya adalah faktor penting memulai karir menjadi akademisi.

2. Menempa Diri Menjadi Ahli Profesi

Tidak selalu jurusan kuliah menjadi profesi yang sukses diraih. Karena terkadang antara passion dan gelar yang kita raih saat kuliah tidak selalu bersamaan. Tetapi harus diketahui bahwa menjadi ahli dalam suatu bidang harus memiliki track record yang baik. Misalnya jika seorang mahasiswa ingin menjadi dosen maka ia dapat memulai karir dari menjadi asisten dosen.

3. Bangun Komunikasi Dengan Semua Dosen

Harus dipahami tidak semua dosen menyukai anak mahasiswa yang pintar. Tetapi hampir semua dosen menyukai mahasiswa yang mengikuti apa yang diinginkan dosennya. Oleh sebab itu, memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan dosen adalah akses prestasi yang sangat baik karena jika telah terjalin hubungan yang saling menguntungkan antara mahasiswa dengan dosennya maka karir mahasiswa sudah dimulai saat itu.

4. Jangan Berlama-lama Nyaman Berada di Zona Aman

Mahasiswa yang produktif adalah yang tetap memiliki aktifitas ilmiah dan positif lainnya walaupun dalam keadaan libur kuliah. Banyak hal yang dapat di manfaatkan selama libur kuliah misalnya menjadi guide traveling, magang di suatu tempat, sebagai asisten peneliti dosen, bahkan kegiatan seminar ilmiah juga sangat membantu karir mahasiswa di masa yang akan datang.

5. Carilah Relasi Seluas-luasnya

Memiliki lingkaran pertemanan seluas-luasnya merupakan hal yang sangat penting ketika kita hidup. Mulai dari lahir hingga sekolah dan bekerja, tentunya kita sebagai makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lainnya, dituntut untuk mencari teman dan membangun relasi yang seluas-luasnya. Nah, relasi inilah yang bisa menjadi bekal saat kita memasuki dunia kerja. Karena, ketika kita punya lingkup relasi yang luas, pasti akan mempermudah kita juga ketika bekerja.




Source : www.serempak.id


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog