2016-12-22 08:00:00
Purwokerto
2018-03-14 14:42:23

Pelatihan Pengembangan Repository Institusi Berbasis E-Prints

EPrints adalah perangkat lunak opensource yang dikembangkan oleh School of Electronics and Computer Science, University of Southampton, England United Kingdom. Repository ini bisa berbentuk arsip misalnya makalah penelitian. Selain itu juga bisa digunakan untuk menyimpan gambar, data penelitian dan suara dalam bentuk digital. EPrints adalah aplikasi perpustakaan digital yang sederhana dan dapat dengan mudah dikelola. Selain itu, EPrints sudah terintegrasi dengan metadata dan mampu melakukan penelusuran advanced search serta fitur lainnya. aplikasi ini dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal.

Aplikasi ini berbasis web yang digunakan untuk membangun sebuah repository karena itu membutuhkan aplikasi pendukung utama seperti Apache, MySQL, Perl dan mod_perl. Bila menggunakan OS Linux Fedora, aplikasi pendukung tambahannya (optional) adalah GDOME, file uploads (wget, tar, gunzip dan unzip), full text indexing (Ms Word, PDF, dan HTML) dan Latex tools (latex dan dvips). Sedangkan pada OS Windows aplikasi tambahannya (optinonal) menggunakan xpdf, GNU Win32 tools dan ImageMagick.

Tanggal dan Waktu :

  • Tanggal : 22 Desember 2016

Tempat :

  • Ruang Multimedia Perpustakaan ST3 Telkom Purwokerto
    Jl. DI Panjaitan No. 128 Purwokerto

Pembicara :

  • Dwi Fajar Saputra, S.Sos, M.M

Tujuan Pelaksanaan:

  • Acara ini bertujuan untuk mengenalkan Repository khususnya berbasis E-Prints, mengetahui bagaimana manajemen Repository berbasis E-Prints, mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola Repository berbasis R-Prints, dan kustomisasi Repository berbasis E-Prints.

Panitia Penyelenggara:

  • Pustakawan Perpustakaan ST3 Telkom Purwokerto

Keterangan :

  • Acara dimulai pukul 08.00 – 16.30 WIB
  • Acara ini diadakan secara internal oleh pepustakaan dan dihadiri dosen-dosen dan tim IT dari ST3 Telkom Purwokerto.


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog